Senin, 25 Mei 2009

Tehnik Bermain Bass

Dalam bermain bass kita membutuhkan tehnik-tehnik tertentu agar permainan kita dapat menyesuaikan permainan kita dengan lagu yang sedang kita iringi. Permainan bass mempunyai bermacam-macam tehnik, dan tehnik –tehnik nya adalah :

- Fingering
Tehnik Fingering adalah cara klasik dimana jari tengah dan jari manis tangan kanan merapat, pada tangan kiri kita gunakan untuk bagian atas neck dengan posisi jari-jari merenggang. Tehnik ini membuat kelingking tangan kanan menjadi tidak efektif, sehingga fungsi kelingking digantikan oleh ibu jari.

- Walking Bass
Dalam tehnik Walking Bass pemain dituntut untuk bermain stabil tanpa terputus-putus. Walking Bass dapat kita lakukan dengan petikan yang dilakukan dengan menggunakan dua atau tiga jari tangan kanan. Tehnik Walking Bass biasanya di gunakan dalam corak musik Jazz.

- Bermain Chords
Melalui tehnik bermain chords memungkinkan si pemain dapat bermain solo bass, arpeggio atau chord. Dalam kelompok tanpa piano Double stops atau Tripple stops sering digunakan.

- Bowing
Tehnik ini membutuhkan keterampilan sang pemain agar menghasilkan dengan tekstur yang lebih kaya dengan cara dengan menggesek atau bowing terutama untuk nada yang ditahan dalam tempo lambat.

- Slapping
Dalam memainkan bass kita mengenal tehnik Slapping yaitu dengan mendentingkan senar dengan ibu jari tangan kanan dan pada saat yang bersamaan jari yang lain menarik senar keatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar