Senin, 25 Mei 2009

Kunci Dasar Bass

Sebelum mempelajari bagaimana bermain bass yang benar, anda perlu mengetahui dan mempelajari seluk-beluk bagaimana cara memainkan bass. Untuk memainkan jari-jari pada papan fret gitar bass, anda harus mengetahui kunci-kunci dasar pada gitar bass. Berikut ini saya berikan 7 kunci dasar dalam bermain bass.

- Kunci A










- Kunci B










- Kunci C










- Kunci D










- Kunci E










- Kunci F










- Kunci G











Titik bulat berwarna hitam merupakan titik dimana jari menekan fret. Seperti contoh pada kunci A, tekan senar 4 pada fret ke-5 maka akan berbunyi nada kunci A. Pada gambar, terlihat garis senar yang ditebalkan. Ini artinya senar tersebut dibunyikan tanpa ada tekanan pada fret.

123 komentar:

  1. saya suda 10 tahun bermain bass namun saya masi sulit untuk menjadi seorang seniman dalam bermain bass untuk itu saya tekan kan kepada kawan2 pencinta bass jgn menyerah dalam mengejar frestasi

    kontak : 0813 6820 7023 / 0812 7331 9796


    piter and rama
    teladan,27 agstus 2009

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tu kak

      by: robby sanjaya
      from: padang

      Hapus
    2. kak bleh nx.a ngaq qta tmen ku knci bass thu ltaq x.a stu-stu bnar ngaq?

      Hapus
  2. saya suda 10 tahun bermain bass namun saya masi sulit untuk menjadi seorang seniman dalam bermain bass untuk itu saya tekan kan kepada kawan2 pencinta bass jgn menyerah dalam mengejar frestasi



    Thanks bro... Saya rasa kita sesama musisi harus saling berbagi tehnik, tips dan pengalaman. Semangat Bassis2 Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak cord bass ama gitar suatu lagu itu sama soalnya awk cari2 cord bass suatu lagu tak ada yg muncul gitar semua maklumlah awk baru belajar :-D

      Hapus
  3. makasih bro,,, Saya itu sudah beberapa bulan bermain bass... tapi saya lupa... akhirnya saya mendapat kunci2 dasar ini lagi... thanks bro

    BalasHapus
  4. saya suka bermain bass tapi saya mau tau cara bermain bass jalan,,,gmana ya??

    BalasHapus
  5. thanks bgt kk! ka, kalo belajar bass langsung tanpa gitar apa negatifnya??

    BalasHapus
  6. kalo pengen belajar bass jalan tapi gak ada guru yang ngajarin ada tips dari saya:
    1. Download lagu2 yang bass jalannya kental (biasanya lagu2 jepang seperti Larc-en-Ciel atau Jrock)
    2. Dengerin dengan seksama maenan bassnya
    3. Coba praktekan dengan maenin sendiri sambil dengerin lagunya. Gak perlu harus mirip sama aslinya, yang penting dapet soundnya
    4. Kalo belum bisa, tiap pagi baru bangun luangkan waktu 10 menit buat maenin lagu itu.. teruskan sampai bisa dan lancar

    Tips berdasarkan pengalaman pribadi saya. Pada intinya banyak2 dengerin lagu trus praktekan.. otomatis insting dan kecepatan tangan terlatih dengan sendirinya..

    oiya satu lagi.. belajar buat memperhatikan tempo!!

    BalasHapus
  7. Kalo belajar bass langsung tanpa belajar gitar sebenarnya sah2 saja, akan tetapi mungkin buat yang belajar langsung ke Bass temponya kurang mantep.. dalam musik yang memegang tempo adalah drum dan bass, jadi penting buat para bassis memperhatikan tempo saat mereka bermain. Kalau bermain bass tanpa belajar gitar, lebih diperhatikan temponya ya!!

    BalasHapus
  8. SAYA BARU MENCOBA BELAJAR BASS. JDI JNG PERNAH MALU UNTUK BELAJAR

    BalasHapus
  9. Kunci yang menggunakan kres(# )misalnya:F#m nya mana...tolong dong lengketin....

    BalasHapus
  10. thansk brother infonya...
    sy baru mulai belajar bass ne,,

    BalasHapus
  11. pada postingan berikutnya saya akan coba membuatkan gambaran kunci-kunci kres(#) atau mol pada bass, ditunggu ya..!!

    BalasHapus
  12. saya tunggu brother...........

    BalasHapus
  13. kalo udah dipencet di beberapa titik diatas, dipetiknya gimana bro ? apa satu persatu titik hitam dipetik, apa dikunci kayak gitar ? digenjreng gitu ?

    BalasHapus
  14. Bass itu bisa dimainan dengan beberapa cara, biasanya dipetik satu persatu tiap nada. Namun ada juga tehnik yang memetik lebih dari satu nada dengan menggunakan pick (digenjreng seperti gitar), namun untuk postingan saya ini adalah tehnik yang hanya memainkan satu nada saja. pada gambar yang petik hanya salah satu dari titik hitam saja, kamu boleh memilih mau menggunakan nada yang mana, yang tinggi atau rendah. Kalau mau nada yang paling rendah pilih titik yang ada pada senar 4, kalau mau nada yang paling tinggi pilih titik yang ada pada senar 1.. Selamat berlatih bro!!

    BalasHapus
  15. Buat Rengga, saya sudah posting kunci dasar bass untuk nada #, bisa dilihat pada label 'bass lesson'.

    BalasHapus
  16. kira-kira kalo mau jago maen bass nya kaya kak wima j-rocks butuh berapa lama ya??

    BalasHapus
  17. jangan2 sylvester guru PPL SAYA?????

    BalasHapus
  18. saya baru ingin belajar bass tpi blom pernah belajar gitar.....gimana caranya supaya jari2 gampang bwt mainin kunci?

    BalasHapus
  19. msih lom ngerti sma wksud garis hitam tu..
    Jlasin donk..
    Oy bwt pemula ga msalhkn coba2 maenkn kunci dasar ini d guitar biasa..?

    BalasHapus
  20. Kalo pengen maen bass kayak bang wima gak sebentar bro.. Perlu waktu bertahun2 untuk membiasakan jari2 bermain cepat sekaligus beraksi di panggung. Gak bisa instan..

    BalasHapus
  21. Ak kemaren ppl di smansa singaraja, sapa ya??

    BalasHapus
  22. Sebenernya gak masalah klo mau belajar bass tanpa mengenal gitar, yang jadi masalah hanya penguasaan tempo saja. Kalo udah biasa maen gitar biasanya tempo lagu tu udah dapet 'soul'nya.. Kalo tujuannya untuk membiasakan jari2 biar cepet, pake bass gak masalah, tpi jari2 yang belum biasa pasti sakit dan bengkak2. Itu udah resiko buat gitaris dan bassis pemula. Oiya buat ngelatih jarimu biar lebih terbiasa lihat saja postinganku yang judulnya "Belajar Bass Jalan" (label: bass lesson).
    Buat bang imem: garis hitam maksudnya gambar senarnya. Kalo tebel berarti senarnya dipetik tanpa memencet fret apapun.

    BalasHapus
  23. saya baru mulai buat band ma kwn2 saya, nd saya bru mulai main bass, yg biasa nya gk bsa, dan ini ru dkit ja bsa nya, cma lgu peterpan nd lgu cipt sndri ja bsa nya, tpi, lcu ya, pdhal aku gk tau sma skli kunci2 bass, kunci a b c mpek G ja aku lom tau, gmna ya spaya bsa tau, pdhal hmpir tiap hari saya ke wrnet, hnya untk mlhat knci2 bass...
    tu smua demi bass, I LOVE YOU BASS......

    ada gk ya yg mau ngjrin aku???????
    klok ada yg mau ngjrin aku, tlong tlfon ke nmor ne ya,........087869904879

    ne nmor ttngga aku, bel ja ke nmor dia, soal nya hp aku ge di servis.........

    oh ya, nma aku nopi ya..........

    BalasHapus
  24. nice post gan. ane jadi bisa belajar bass tanpa beli buku nya dulu. wkwk. tetap semangat bassis" indonesia dan terus berlatih. ^^

    BalasHapus
  25. menurut gua music adalah sebagian dari hidup gua,
    untuk bisa mainkan alat musik bass itu tidak gampang, butuh poses lama,,
    gua pesen sama lou semua, jangan pernah menyerah untuk bisa mencapai ke inginan hati kita,,
    ''GOOD LUCK OK'' buat semua temen2 yg suka mainkan bass,,!!!!

    BalasHapus
  26. Buat nopi: emang tinggalnya dimana? klo di bali kmu bisa privat ma aku

    BalasHapus
  27. saya ingin sprti johnny christ,a7x best basist!!!!

    BalasHapus
  28. kk klo pengen tau chrd bass lengkap tau g blog nya??????????

    BalasHapus
  29. k,, bisa psanng gmbar2 kunci2 dsar bass yg lain gk,,, biar q print,, mw q plajari,,

    BalasHapus
  30. kk itu yg di titikin yg harus di pencet apa salah satu aja ?

    BalasHapus
  31. brmain bass itu menyenangkan

    BalasHapus
  32. w bermain bas menyenangkan,karena bagi w bas bsa hidup w menyenangkan dan alunnan nada sangat indah d dengar

    BalasHapus
  33. allhamdulillah

    BalasHapus
  34. billy jean
    say ok

    BalasHapus
  35. billy jean mencoba bermain bass ok bgt

    BalasHapus
  36. buat jaka: yg dipencet cuma salah satu aja.. klo pengen maenin nada yg rendah pencet titik yg ada di senar paling atas, gitu juga sebaliknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tanda grip.a yg mana kk

      Hapus
    2. kalo mau mainin satu kunci, tekan semua fret nya ya kakak? apa pilih salah satu yg ada?

      Hapus
    3. pilih salah satu aja !

      Hapus
  37. baru bljar bass rasanya sulit tpi tmn jgn prnah menyerah tuk bljr baass

    BalasHapus
  38. makasi kak.....

    BalasHapus
  39. lw pngen blajar bas jalan, sy saranin dangdut koplo. Sy udh 2 th blajar jar

    BalasHapus
  40. kk ku sulit bwt nekan kunci bass nhie bsa bntu gak

    BalasHapus
  41. saya igin skali bermain bass tp,hinga saat ini saya belum dapat jg gmna cra2 bermain bas dgn benar..



    by dermawan sihotang

    BalasHapus
  42. Om klo blajar bass pake gitar bisa gk sih..? Apa harus lngsung dri bass aslinya..?Om klo blajar bass pake gitar bisa gk sih..? Apa harus lngsung dri bass aslinya..?

    BalasHapus
  43. MA KASIH BRO ATAS INFO NYA WALAUPUN AKU TETAP KESULITAN MEMPELAJARINYA TAPI GUE BILANG THANKS BRO

    BalasHapus
  44. klo itu sih sya udh tau...
    tpi yg sya msih cri yaitu jalur-jalur permainan bassx wima & tetsuya ogawa

    BalasHapus
  45. THAnkss'' Bro !!!

    BalasHapus
  46. pengen banget manggung ama temen-temen tapi keok di basss

    BalasHapus
  47. Wah mantap bro postinganx gua juga lagi blajar bass nih aslinya gitarist, emang lebih gampang kalo udah bisa gitar tinggal blajar teknik2nya aja slap pop hammer pull.

    salam 1 bassist

    BalasHapus
  48. culittttnya maen bazzz
    wlpun clit aku ttep mw blajr
    da ky gmbar yg laen/????

    BalasHapus
  49. gwe pngen bgt bro blajar gitar bass dan melodi,oya bro kunci dasar guitar melodi gmn c?

    BalasHapus
  50. thanks tas infone,... sopp..
    mga dngan panduan kunci bass nie aq bisa cepet lebih pntar mnguasai tentang gitar bass

    BalasHapus
  51. itu dipetik semua senarnya atau gimana?

    BalasHapus
  52. saya mau belajar main bass nih..
    tp saya kurang mengerti sama gambar di atas bro..
    kalau kita mau mainin kunci b
    itu titik yg hitam itu yg harus di tekan pake jari ya??

    BalasHapus
  53. Mas Nama saya Damar
    Mas gimana caranya kalo mau menggenjreng bass tpi dgn gaya seperti menggenjreng gitar
    senar mana saja yg di pencet dan dmna fretnya?
    misal:
    kan di 4 senar tsb terdapat kunci A, dan jaraknya saling berjauhan. jika kita ingin menngenjreng dgn gaya gitar. apakah ke-4 kunci tsb harus di tekan?
    sedangkan jaraknya berjauhan?

    intinya saya ingin menggenjreng bass sperti menggenjreng gitar tetapi dgn cara yg mudah di pahami
    sekian mas makasih bgt kalo di jawab :)

    BalasHapus
  54. satriawan drajat19 Februari 2012 06.19

    thank kawan atas info nya....

    BalasHapus
  55. numpang nanya mas" semua
    kalo belajar bass pake gitar biasa(kopong) bisa ga?
    sorry nih gw masih baru belajar

    BalasHapus
  56. saya juga pemula sperti tman2,,
    n q juga udh smester 4 mas.. kira2 klo 6 bulan kdepan udah bisa blum y sy mahir maen bass klo sy latihan tiap hari??

    BalasHapus
  57. Gan, kan mtiknya satu2. Itu ϑî mulai dri kanan ya?

    BalasHapus
  58. saya sudah 20thn lebih memainkan alat musik bass,
    bagi saya bass itu adalah "Motor" di dlm sebuah band/musik, bass itu di bedakan menjadi 3 jenis
    1. Contra Bass
    2. Accoustic Bass
    3. Electric Bass
    masing-masing jenis bass ini memiliki nuansa berbeda di tiap2 lagu nya, untuk belajar tekhnik & skill pun tidak sama buat ketiga jenis bass ini...

    intinya jangan menyerah untuk belajar alat musik bass, memang rasanya sangat membosankan kalau hanya "STUCK" di suatu lesson,tapi saya jamin jika anda benar-benar menguasai seluruh seluk beluk di dlm bass, nikmatilah kejayaan anda sebagai Bassist Handal :)

    belajar musik itu tidak mudah, perlu proses, tidak ada yg instant, klo mau yg instant...makan Indomie aja ya ^^V

    BalasHapus
  59. aq pengen handal maen bass

    BalasHapus
  60. uuuu liat ini cc langsung jrenggg,paling gampang belajar bass pemula make lagu budi doremi

    BalasHapus
  61. terima kasih....
    ini sangat membantu saya dalam belajar gitar bass...

    by: vio ^_^

    BalasHapus
  62. brow saya juga pemula ,tapi berkat saran dari kalian saya mengerti bgitu sulitnya bermain bass dan begitu indah nya hasil dari perjuangan .

    BalasHapus
  63. ajrin maen bass donk.. msh amatir ni..

    BalasHapus
  64. salam kenal...saya sangat setuju untuk bisa menguasai bass lebih baik lebih menguasai gitar dulu, bagi yg ingin memperdalam permainan gitar silahkan unduh pelajaran dlm bhs.Indonesia di www.gitarzoom.blogspot.com
    trims

    BalasHapus
  65. silahkan ke www.belajarmainbass.blogspot.com

    BalasHapus
  66. wah keren sob....
    ane jg ngfans tuh sm L'arc~en~Ciel
    awalx ane cmn bs jd voclst tp ane jg pnasaran sm skill akang tetsuya... jd pengen bisa tuh...
    okkkkkkeeehhhh terusss update gan

    BalasHapus
  67. wah sy termasuk telat nih..37 th br belajar bass..biasanya genjrang genjreng gitar..tapi belajar ah...thanks sob

    BalasHapus
  68. konci A nya susah kka ?
    ada tips biar gampang belajar gak ?

    BalasHapus
  69. Gak ngerti neken titik lingkaran yg mana-_-

    BalasHapus
  70. gan kunci setengah(#) atau minornya mana?

    BalasHapus
  71. Tpi klw sudah bisa Guitar pasti bisa main bass....

    BalasHapus
  72. Bljar jalur Do Re Mi Pa So La SI Du dlu..

    BalasHapus
  73. Bro,alhmdlh q udh bs maenin gtar bass,tp cma kunci"nada rendah doank..yg q maw tanyain,,kan q sring liat tuch bassis" maenin kunci"nya pake 3jari ato 2 jari..tu gmana,trz yg dpetik yg mana aja klo kyak gt,.
    Thanks,lam knal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh bang..gw jg bingung..

      Hapus
  74. pentatonic scale itu apa yah??ada yg tau nggk..

    BalasHapus
  75. kya mna si biar cepat ngelincain tangan

    BalasHapus
  76. makasih ya yg udh buat blog ini gua suka banget (y)

    BalasHapus
  77. kk gimana caranya kasih bunga atau melodi bass yang bagus,, mohon sarannya,, saya masih pemula... facebook : suryaputraogie@ymail.com

    BalasHapus
  78. numpang share aja ni bro, ane jg masih blajar kok. yg ane tau klo di bilang bass itu susah ngk jg, tp klo dibilang gampang gak jg. intinya maen bass itu bisa `grove tau doremi untuk bass jln itu smuanya cmn dr doremi kok,klo mau maen bass jln yg penting tau chord lagunya nanti dr situ bakalan ketmu deh ingt jurusnya doremi. sama bass penghubung ketukan drum ke instrument yg lain. jadi buat tmn2 harus bs ngjaga tempo, bass slalu dibilang pacar`a drum jd akur2 ya sm drumernya... hehehe

    BalasHapus
  79. Trimakasih kawan, kalo stelan sound yang cocok buat bass gimana yah ?

    BalasHapus
  80. mas saya baru pemula bermaen bass kira"...say butuh berapa bulan untuk mahir bermaen bass mas....tolong dibalas mas....

    apa saya bisa mahir bermaen bass kalo saya latihan setiap hari mas....

    BalasHapus
  81. itu fretnya memang jaraknya jauh ya gan?

    BalasHapus
  82. TO ANONIM : Bass emang fret nya agak lebar,sebenernya belajar bass itu mudah, asal udah menguasi teknik dasar nya.. seperti fingering,hummer,slaping setelah udah menguasi teknik ini... baru menghapal solmisasi dan chord bass..

    BalasHapus
  83. Belajar bass sih sebener nya gampang dawg kalau ada niat sih
    gue aja baru senin kemarin belajar cuma yg susah buat sesuain tempo soalnya gue ga pernah main gitar atau band sebelum nya gue rapper hahaha
    dalam 1 kunci sih cuma perlu tekan 1 fret dawg
    kalau lebih jelas mending tanya sama temen yg bisa main bass buat kunci dasar atau maksud dr fret2 yg lain

    jangan lupa dawg inti nya niat dan jangan pernah nyerah buat belajar

    salam dean dari padang :D

    BalasHapus
  84. Kunci B sama Kunci C sama ?

    BalasHapus
  85. kak sya main bass awal 2013an sya ingn bljar bass jalan kya tetsuya laruku.. Klo liat video cover doang bisa.. Jdi sya baru bsa klo liat video.. Nah sya mau blajar tanpa hrus liat video gmna yah..?

    BalasHapus
  86. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  87. Bro saya masih pemula main bass
    metiknya biar cepat dan lincah gimana ya?soalnya saya ga ada yang ngajarin ><

    BalasHapus
  88. gua udah 3 taon mempelajari teknik" permainan bass musik jepang ....,klo pingi cepet bisa harus konsisten dan mencintai jenis musik itu sendiri baru gampan untuk mempelajari suatu aliran musik.. klo lu plin-plan gk bakalan bisa mahir dalam suatu aliran musik...,sama halnya orang biasa maen musik rock disuruh maen dangdut.,pasti ada yang kurang dalam permainanya.....,

    BalasHapus
  89. akhirnya,,,yg gua cari ketemu juga,,alhmdllh dah,semangat teruusss

    BalasHapus
  90. ka mau tanya, kalau maen gitar bass jalan itu menggunakan kunci atau kreatif kita sendiri

    BalasHapus
  91. Mau tanya . . .
    Lebih mudah mana sh . ,main bass atau main gitar??

    BalasHapus
  92. aku latihan cm 2 tahun

    BalasHapus
  93. harga gitar bass berapaan ya kk???

    BalasHapus
  94. saya udah belajar ttg gitar ama bass udah lama, tapi saya masih bingung sama perpindahan kunci ke kunci lainnya,tapi pake variasi. Kaya Tetsuya (l'arc~en~Ciel) sama wima (J-Rocks) itu gimana ya? apa memang harus nyari nada yang pas dengan asal-asalan? atau memang ada ketentuannya, atau emang ada tangga nadanya yah?

    BalasHapus
  95. di umur 24 tahun saya menganti instrument, dari gitar ke bass .. ?
    di gitar saya kewalahan dalam bermain jari, tapih kenyakinan saya muncul di bass .. walau pun belum tau dasar bass .. menurut abg abg di atas .. apa salah saya hijrah ke bass ...
    postingnya sangat mebantu seperti newbie seperti saya, mohon update posting nya lagi gan ?
    terimakasih

    BalasHapus
  96. nggak berpengalaman jadi basser gw

    BalasHapus
  97. saya sudah bermain bass selama 30 taun tapi saya masih merasa heran -_- yang saya herankan saya bermain bass 30 taun sedangkan umur saya baru 15 taun -____-
    anda bingung? sama saya juga bingung -___-

    BalasHapus
  98. memegang BASS ternyata lain dengan gitar biasa ya?
    terutama pola permainannya yang biasanya main dari belakang ke not yang dituju, thx dech

    BalasHapus
  99. Gua terlahir sebagai seorang bassist :v

    BalasHapus