Jumat, 05 Juni 2009

Interval

Interval adalah awal dari bagaimana chord bisa terbentuk sehingga harmoni bisa terbentuk. Tentu saja kita harus mempelajarinya agar dapat mengetahui bagaimana susunan dasar dari sebuah chord.

Mengapa anda harus belajar teori?

Teori adalah "tools" buat musisi. Dengan mempelajari teori anda dapat mengetahui alasan kita bermain seperti itu, bagaimana cara bermain seperti itu, bagaimana cara menghasilkan musik yang seperti itu. Tentu saja ide-ide kita jadi berkembang lebih luas dengan adanya teori.

Mengapa anda harus belajar interval?

Interval adalah awal dari bagaimana chord bisa terbentuk sehingga harmoni bisa terbentuk. Tentu saja kita harus mempelajarinya agar dapat mengetahui bagaimana susunan dasar dari sebuah chord. Pada saat anda sudah mengetahuinya dengan lebih baik, ini akan sangat membantu saat anda "transcribe" (dalam bahasa populernya ngulik) sebuah lagu, karena dengan menguasai interval, anda sudah dapat mengetahui susunan melodi dan chord tersebut, bahkan tanpa menggunakan alat musik.


Interval (1)

Yang membangun melodi dan harmoni adalah interval, dapat dikatakan interval adalah jarak antara dua nada. Contoh berikut akan menggambarkan jarak interval dari nada pertama (Root), jarak yang terkecil (jarak setengah nada/half step) hingga ke oktaf/octave.

Contoh Interval pada C major scale

C major scale:
C D E F G A B C

1 2 3 4 5 6 7 8

FIRST INTERVAL.......................Root/prime note/note awal
SECOND INTERVAL.................Jarak dari C ke D
THIRD INTERVAL......................Jarak dari C ke E
FOURTH INTERVAL..................Jarak dari C ke F
FIFTH INTERVAL.......................Jarak dari C ke G
SIXTH INTERVAL......................Jarak dari C ke A
SEVENTH INTERVAL...............Jarak dari C ke B
EIGTH INTERVAL......................Jarak dari C ke C yang lebih tinggi/octave

Interval-interval tersebut terdapat dalam C major scale dan dinamakan diatonic interval. Ada dua macam interval dalam diatonic interval yaitu major interval dan perfect Interval

C ke C adalah Unison

C ke D adalah Major Second

C ke E adalah Major Third

C ke F adalah Perfect Four

C ke G adalah Perfect Fifth

C ke A adalah Major Sixth

C ke B adalah Major Seventh

Kamis, 04 Juni 2009

Bass Tab (Lepaskan Diriku-J Rocks)

Karena banyaknya email yang masuk yang isinya meminta saya untuk mempostingkan tab-tab bass lagu milik J Rocks, pada postingan kali ini saya akan memberikan tab bass lagu Lepaskan Diriku.

Intro
G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|————————–|————————–|–3–3–3–3–3–3–3–3–|–3–3–3–3–3–3–3–3–|
E|————————–|—————–3–/—-|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|-10-10-10-10-10-10-10-10–|-10-10-10-10-10-10-10-10–|————————–|————————–|
A|/————————-|————————–|–7–7–7–7–7–7–7–7–|–7–7–7–7–7–7–7–7–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|
A|-10-10-10-10-10-10-10-10–|-10-10-10-10-10—-10—–|
E|————————–|—————-10—-10-|

Verse 1
G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|———-/5–5———–|————————–|————————–|
A|——–3–3–3–3–3–3–|–3–3–3——–3–5–6–|–7–7–7–7–7–7–7–7–|–7–8–7–7—–7——–|
E|————————–|————————–|————————–|——————–7–0–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|————————–|————————–|————————–|—–2—–3—–2—–2–|
E|–1–1–0–1–1–1–0–1–|–1–1–0–1–1–1–0–1–|–4–4–4–4–4–4–4–3–|–3—–3———–3—–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|———-/5–5———–|————————–|————————–|
A|——–3–3–3–3–3–3–|–3–3–3——–3–5–6–|–7–7–7–7–7–7–7–7–|–7–8–7–7—–7——–|
E|————————–|————————–|————————–|——————–7–0–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|————————–|————————–|————————–|——–2—–3—–2—–|
E|–1–1–0–1–1–1–0–1–|–1–1–0–1–1–1–0–1–|–4–4–4–4–4–4–4–3–|–3–3—–3—–3—–3–|

Pre-chorus 1
G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|–/7—–/7—————|————————–|————————–|
A|–7—7—7——-7——-|—————–7–7—–|–5—5—5——-5——-|——–2—–3–2—–2/-|
E|————–7——-5—|———————–5–|————–5——-3—|—–3—–3——–3—–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|–/7—–/5——5——–|————————–|————————–|
A|–7—7—7——-7——-|——————–7—–|–5—–3–5–5—–3–5–|–5—–3–5–5—–3—–|
E|————–7——-5—|———————–5–|—–5———–5——–|—–5———–5—–5–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|————————–|————————–|————————–|————————–|
E|–6——–6–6–6–6–5–|–3——–3–3–3–3–3–|–3–/15——————|————————–|

Chorus 1
G|————————–|——-/7–5—–5–4—–|————————–|——-/7–5—–5–4—–|
D|————————–|—–5—————–5-|————————–|—–5—————–5-|
A|–3–3–3–3–3–3–3–3–|–3———————–|–2–2–2–2–2–2–2–2–|–2———————–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|–1–1–1–1–1–3–1–0–|–0–0–0–0–3–0–3–0–|–5–5–5–5–5–5–5–5–|–5–5–5–5–5/17——-|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|—–/7—7——-3—5/–|——–3–3–5–3—–0–|–2–/9——-7–7–5–7–|–7–5–5–3–3–2–3–2–|
A|–5———–5———–|—–5————–2—–|————————–|————————–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|—–/7—7——-3—5—|–5–3–3–2–2–3–3–5–|————————–|——————–9—–|
A|–5———–5———–|————————–|–3–3–3–3–3–3–3–3–|–3–3–3–3–3-10—-10–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|
D|-10———————–|
A|————————–|
E|————————–|

Verse 2
G|—-12-10–9————–|————————–|————————–|————————–|
D|————-12-10–9—–|————————–|————————–|————————–|
A|———————-10–|–3—–2–3————–|–3—–2–3—–3–5–6–|–7——–7————–|
E|————————–|—–3—————–3–|—–3——————–|—–X–7————–7–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|–7——–7————–|————————–|————————–|————————–|
E|—–X–7————–0–|–1–0–1–1———–0–|–1–0–1–1———–3–|–4–0–3–4———–1–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|———–2–2—–2—–|–3—–2–3————–|–3—–2–3—–3–5–6–|–7——–7————–|
E|–3–X–3——–3—–3–|—–3—————–3–|—–3——————–|—–X–7————–7–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|–7——–7————–|————————–|————————–|————————–|
E|—–X–7————–0–|–1–0–1–1———–0–|–1–0–1–1———–3–|–4–0–3–4———–1–|

G|————————–|
D|————————–|
A|———–2–2—–2—–|
E|–3–X–3——–3—–3–|

Pre-chorus 2
G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|–7—7—7——-7——-|——————–7–5–|–5—5—5——-5——-|——————–5–6–|
E|————–7——-5—|–5—–0–5–0–5——–|————–5——-3—|–3——–0–3–0——–|

G|————————–|————————–|——————-/9–7–|————————–|
D|————————–|————————–|—————–5——–|–7–9h10p9h10p9—-9—–|
A|–7—7—7——-7——-|————————–|–5–5–5–5–5———–|—————–10—10–|
E|————–7——-5—|–5—–0–5–0–5–0—–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|————————–|————————–|————————–|————————–|
E|–6——–6–6–6–6–5–|–3——–3–3–3–3–3–|–3–/15—————–|————————–|

Chorus 2
G|————————–|——-/7–5—–5–4—–|————————–|——-/7–5—–5–4—–|
D|————————–|—–5—————–5-|————————–|—–5—————–5-|
A|–3–3–3–3–3–3–3–3–|–3———————–|–2–2–2–2–2–2–2–2–|–2———————–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|–1–1–1–1–1–3–1–0–|–0–0–0–0–3–0–3–0–|–5–5–5–5–5–5–5–5–|–5–5–5–5–5/17——-|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|—–/7—7——-3—5/–|——–3–3–5–3—–0–|–2–/9——-7–7–5–7–|–7–5–5–3–3–2–3–2–|
A|–5———–5———–|—–5————–2—–|————————–|————————–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|—–/7—7——-3—5—|–5–3–3–2–2–3–3–5–|——–2—–3–2—-/10-|—10-/12-10–9–5——–|
A|–5———–5———–|————————–|–3——–3——–3—–|——————–7–5–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|–3—–3——–3–3—–|–3–3–3–3—–3–3—–|–7—–7—–7–7–7—–|-10-10-10-10-10-10-10-10–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

Interlude
G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|————————–|————————–|————————–|——–5–5–6–5—–5–|
E|–4–4–4–4–4–4–4–4–|–4–4–4–4–4–4/11–4–|–6–6–6–6–6–6–6–6–|–6–6————–6—–|

G|——–8————–8–|——–8————–8–|————————–|————————–|
D|——————–8—–|——————–8—–|——–5————–5–|——–5—————–|
A|–6———–6–6——–|–6———–6–6——–|——————–5—–|————————–|
E|————————–|————————–|–3———–3–3——–|–3———0-3—/——|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|——–6———–6—–|——–6——–3——–|——–5—–5–6–5-/8–|–8–6–6–5–5–6–5—–|
E|–4–4—–4–4–4—–4–|–4–4—–4–4—–6–4–|–6–6—–6————–|———————–6–|

G|————————–|—————–9-10-12–|————————–|
D|————————–|——–9-10-12———–|————————–|
A|————————–|-10-12——————–|-10———————–|
E|–3–3–3–3–3–3–3–3–|————————–|————————–|

Chorus 3/Outro
G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|-10-10-10-10-10-10-10-10–|-10-10-10-10-10-10-10-10–|–9–9–9–9–9–9–9–9–|–9–9–9–9–9–9–9–9–|
A|————————–|————————–|————————–|————————–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|–8–8–8–8–8–8–8–8–|–7–7–7–7–7–7——–|————————–|————————–|
A|————————–|——————–7–7–|–5–5–5–5–5–5–5–5–|–5–5–5–5–5–5–5–5–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|——————3—5/–|——–3–3–5–3—–0–|–2–/9——-7–7–5–7–|—–5–5–3–3–2–3–2–|
A|–5–/12–12–5———–|—–5————–2—–|————————–|————————–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|—–/7—7——-3—5—|–5–3–3–2–2–3–3–5–|——–2—–3–2—-/10-|—10-/12-10–9–5——–|
A|–5———–5———–|————————–|–3——–3——–3—–|——————–7–5–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|——-/7–5—–5–4—–|————————–|——-/7–5—–5–4—–|
D|————————–|—–5—————–5-|————————–|—–5—————–5-|
A|–3–3–3–3–3–3–3–3–|–3———————–|–2–2–2–2–2–2–2–2–|–2———————–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|————————–|————————–|————————–|————————–|
A|–1–1–1–1–1–3–1–0–|–0–0–0–0–3–0–3–0–|–5–5–5–5–5–5–5–5–|–5–5–5–5–5–5—–5–|
E|————————–|————————–|————————–|——————–5—–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|———————-5/–|—–5–3–3–2–2–5–2–|–2–/9——-7–7–5–7–|–7–5–5–3–3–2–3–2–|
A|——–5—–5–0–5—–|————————–|————————–|————————–|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

G|————————–|————————–|————————–|————————–|
D|—–/7—7——-3—5—|–5–3–3–2–2–3–3–5–|————————–|———9-10————-|
A|–5———–5———–|————————–|–3—–3—–3–3–3—–|–3–/10——————|
E|————————–|————————–|————————–|————————–|

Rabu, 03 Juni 2009

Cara Menentukan Nada Dasar

Dalam bermain bass sangat penting untuk mengetahui nada dasar dari lagu yang akan kita bawakan. Karena apabila salah mendeteksi nada dasar sebuah lagu maka dijamin anda bakalan bermain bass dengan amat sangat anehnya, karena tidak akan ada satupun nada yang kita mainkan sebagai improvisasi yang masuk ke nada dasar lagu yang kita bawakan. Lalu bagaimana cara yang paling cocok buat menentukan sebuah lagu itu bermain di nada dasar apa.

Dari banyak cara, ada satu artikel dari majalah Bass Player by Dave la Rue yang akan saya share buat teman semua disini..tentang bagaimana menentukan nada dasar sebuah lagu. Caranya mudah, cuma harus mengerti major & minor triad.

Mungkin teman semua sudah sangat familiar dengan yang namanya major or minor triad. Yakni 3 nada yang dirangkai sebagai bagian dari improvisasi. Coba perhatikan urutan nada di bawah ini:

C Major ---------> C D E F G A B C'

I untuk C triadnya adalah : C E G --------> major
II untuk D triadnya adalah : D F A --------> minor
III untuk E triadnya adalah : E G B ---------> minor
IV untuk F triadnya adalah : F A C ---------> major
V untuk G triadnya adalah : G B D ---------> major
VI untuk A triadnya adalah : A C E ----------> minor

Karena untuk semua chord berlaku hal yang sama, maka digunakanlah roman numerals I, II, III...etc untuk menandai.
Dari urutan chord C major itu diperolehlah rumus sebagai berikut :

Rumus :

I chords selalu major
II chords selalu minor
III chords selalu minor
IV chords selalu major
V chords selalu major
VI chords selalu minor
VII chords selalu diminished

atau secara singkat 1,4,5 selalu major; 2,3,6 selalu minor dan 7 selalu diminished.

Contoh 1 :

Coba anda perhatikan dan menebak nada dasar apa lagu berikut ini :

D G Bm A D ---------> Misalkan kita berasumsi bahwa progress chord ini bernada dasar G maka coba kita analisa

G A B C D E F
I II III IV V VI VII

Analisa :

1. Chord D -----> dalam G major chord D menempati posisi chord V;
yang mana menurut rumus kita V chords adalah selalu major (benar)
2. Chord G ------> dalam G major chord G menempati posisi chord I ;
yang mana menurut rumus kita I chords adalah selalu major (benar)
3. Chord Bm ----> dalam G major chord B menempati posisi chord III;
yang mana menurut rumus kita III chords adalah selalu minor ( benar)
4. Chord A -------> dalam G major chord A menempati posisi chord II;
yang mana menurut rumus kita II chords adalah selalu minor (salah)

Dari fakta nomor 4 baru kita bisa mengetahui bahwa jika nada dasar lagu ini dari G seharusnya chord A dalam lagu itu adalah A minor dan bukan A major. Yang benar adalah, nada dasar untuk urutan chord di atas adalah D major. Karena dalam D major terdapat G major, B minor, A major dan pastinya D major.

Contoh 2 :

Am F G C Em

Contoh 3 :

B C#m E G#m F#m

Selamat Berlatih!!!!

Senin, 01 Juni 2009

Metode Mute Pada Slap Dengan Playing Hand

Pada postingan kemarin saya sudah menyinggung mengenai slap pada bass. Mungkin ada pembaca yang masih kurang puas dengan postingan terdahulu mengenai masalah slap. Pada postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan lebih jauh tentang slap.

Kali ini kita akan mengatur lamanya string bergetar dengan meredamnya atau menghentikan getarannya dengan menggunakan Playing Hand.

Mainkan riff di bawah ini:









Slap string E kemudian letakkan jari (Playing Hand) diatas string yang bergetar (tetapi tidak sampai menyentuh fret) agar getarannya berhenti. Inilah metode Mute yang saya maksud.

SPECIAL NOTE:
Cobalah dengarkan lagu Van Halen ‘Run with the Devil’. Perhatikan permainan bass Antony dalam Intro lagu. Seperti ada denyutan bass. Buat suara, hentikan sama sekali, buat suara lagi, hentikan lagi... begitu seterusnya. It’s so simple...

Ghost Note sebenarnya menurut saya bukan suatu nada, tapi hanya sebagai beat perkusif dalam barisan notasi. Jika Mute digunakan untuk menghentikan sustain string, maka Ghost Note dimainkan pada saat Mute dilakukan. Artinya begini: Letakkan Playing Hand di atas string (seperti melakukan Mute), kemudian petik/Slap string.

Satu hal lagi, metode ini hampir sama dengan metode Harmonic, namun jika dicermati Harmonic akan mempunyai resonansi yang lebih besar dari Ghost Note. Harmonic juga mempuyai Titik Spot tertentu, sedangkan Ghost Note menurut saya bisa dimana saja.

Perhatikan riff Slap & Pop di bawah ini:








Selamat berlatih!!!